Senin, 25 September 2017

Materi 1
Konsumen dan Perilaku konsumen

Arti konsumen berkaitan dengan:
·         pelanggan, pemakai, pengguna, pembeli, pengambil keputusan
·         barang, jasa, merek, harga, kualitas
·         menawar, mencari informasi, membandingkan
·         persepsi, preferensi, sikap, motivasi
Menurut Sumarwan (2011), perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi. Pengertian perilaku konsumen menurut Schiffman dan Kanuk (2010), istilah perilaku konsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Perilaku konsumen dinamis dan menarik serta menggambarkan hal-hal yang terjadi di sekeliling konsumen untuk pelaku bisnis.

Manfaat:
·         untuk perusahaan agar dapat memahami konsumen
·         untuk peneliti agar dapat menganalisis perilaku konsumen dengan baik
·         untuk pemerintah agar dapat merancang peraturan, dan UU yang melindungi konsumen
·         membantu konsumen agar dapat membuat keputusan dengan bijak
·         meningkatkan pemahaman mengenai faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
·         analisis konsumen sebagai landasan manajemen pemasaran
·         peran penting dalam pengembangan kebijakan publik

Proses keputusan
·         Pengenalan kebutuhan
·         Pencarian informasi
·         Evaluasi alternatif
·         Pembelian
·         Konsumsi

Perpektif  Riset  Perilaku Konsumen
1. Pengambilan Keputusan harus secara rasional
2. Eksperiensial (pengalaman)
3. Pengaruh Behavioral 

Dimensi Perilaku Konsumen
1. Bagaimana ia mendapatkannnya berkaitan dengan tempat
2. Bagaimana ia mengkonsumsinya berkaitan dengan frekuensi
3. Bagaimana sisa konsumsinya

Siapa yang harus mempelajari perilaku konsumen ?
1. Pemasar : untuk menyusun startegi pemasaran yang sesuai.
2. Pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen : untuk membantu konsumen memilih produk dan jasa dengan benar, terhindar dari penipuan, serta menjadi konsumen yang bijaksana.
3. Pemerintah dan anggota legislatif : menjadi pengambil keputusan yang bijak dan dapat meningkatkan kesejahteraan konsumen untuk melindungi kepentingan konsumen.

Yang dilakukan dalam pemasaran yaitu
1. Analisis Lingkungan
2. Riset
3. Segmentasi ( pengelompokkan target  pasar yang diinginkan)
4. Positioning dan diferensiasi (karakteristik atau citra)
5. Bauran Pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar